28 Januari 2012

Visi, Misi dan Tradisi

Visi Yayasan Pendidikan Islam Raudlatut Thalabah adalah asa yang terpendam yang merupakan cita-cita pengasuh, pembina, pengawas, pembimbing dan keluarga besar Yayasan Pendidikan Islam adalah :

Mantap dalam aqidah, ber-akhlaqul karimah dan canggih dalam ilmu pengetahuan dan teknologi [IPTEK] 

Rasanya tidaklah terlalu berlebihan, kami mempunyai visi diatas, namun dengan tekad perjuangan dan himmah luhur yang kami agungkan, rasanya tidaklah terlalu sulit untuk menjelmakan cita-cita dimaksud.

Misi yang di usung Yayasan Pendidikan Islam Raudlatut Thalabah tidaklah jauh berbeda dengan apa yang dikehendaki kebanyakan orang, tak terkecuali insan pendidik, tentulah memendam rasa keinginan untuk

Mengantarkan siswa-siswi menjadi :
a.    Meningkatkan aktivitas ‘ubudiyah Islamiyyah berasaskan Ahlus Sunnah wal Jama’ah
b.    Mewujudkan sikap tawadhu’ dan sopan santun dalam kehidupan sehari-hari.
c.    Melaksanakan pembelajaran yang efektif untuk mencapai nilai yang optimal
d.    Melaksanakan pengembangan diri melalui ketrampilan, olah raga dan Kesenian
e.    Mewujudkan keterampilan dan penguasaan pengoperasian komputer dan internet
f.    Meningkatkan kemampuan berbahasa Arab dan Inggris

Modernisasi yang mendunia [ era-Globalisai ] seharusnya diikuti kemana gerak dan arah mereka mengalir, namun kita sebagai insan yang ber akhlaqul karimah harus mempunyai daya saring / filter dan kekebalan yang mumpuni guna mengantisipasi kemerosotan moral yang diakibatkan gerakan modernisasi tersebut. Misi inilah yang didengungkan pengurus dan pengelola untuk alumni Yayasan Pendidikan Islam Raudlatut Thalabah.

Tradisi Yayasan Pendidikan Islam Raudlatut Thalabah yang telah berlaku adalah perilaku pengelola serta pengasuh yang dalam melakukan perannya masing-masing didasari oleh kesadaran yang tinggi akan pengorbanan, pengabdian serta himmah / semangat atas peran yang disandang atau dibebankan dalam meraih cita-cita bersama.

Kesadaran itu dibangun atas dasar pemahaman mendalam terhadap visi, misi dan tradisi yang dikembangkan, yang dalam hal ini tercermin dalam pemikiran, sikap dan tindakan dalam menjalankan tugas sehari-hari. Oleh karena itu maka kinerja keluarga besar  dewan pengurus dan perguruan Yayasan Pendidikan Islam Raudlatut Thalabah merupakan cerminan dari tradisi Yayasan Pendidikan Islam Raudlatut Thalabah.

موعطة الحسنة  tentunya akan tidak begitu manjur tanpa adanya   أسوة حسنة  , ungkapan itu bukan tanpa tendensi pembelaan diri, namun sebuah makna yang lebih dari sekedar berarti, khususnya bagi penyelenggara dan pelaksana insan pendidik, ilmu tanpa amal ibarat pohon tanpa berbuah.

Gambaran tradisi yang dikembangkan oleh Yayasan Pendidikan Islam Raudlatut Thalabah itulah yang menjadikan kami lebih mengutamakan pengabdian dan pengorbanan serta contoh perilaku keseharian dalam membimbing anak didik ketika menimba ilmu, dengan harapan ilmu yang diperoleh akan dapat berguna bagi negara, agama, nusa dan bangsa. Amin …

0 komentar: